Atribut dan Listing Kode pada Game Gogeta:Rival (Game Row)

by - Juni 14, 2015

Listing Program

Karena listing kode pada laporan ini diambil dari project (Game Row) yang telah dikembangkan, maka saya hanya akan menjelaskan logika program pada bagian-bagian source kode tertentu.

?-

%---Inisialisasi Gambar yang dipakai-------------------%

G_dbkai is bitmap_image("Gambar//dbkai.bmp",_),

G_songokuvsvegeta is bitmap_image("Gambar//songokuvsvegeta.bmp",_),

G_genkidama is bitmap_image("Gambar//genkidama.bmp",_),

G_song2 is ("Audio\\button.wav"),

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan inisialisasi gambar yang digunakan untuk memunculkan halaman splash screen dan menu utama program. Pada listing kode program G_song2 is ("Audio\\button.wav"), menjelaskan mengenai lagu yang diputar pada saat kita memulai permainan sampai kita mengakhiri permainan.


window(_,_,splash_start(_),"Welcome", 400,100,600,525).

splash_start(init):-

G_batas := 0,

waktu is set_timer(_,0.05,fungsi_timer).

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan ukuran frame window yang muncul pada saat splash screen dan kecepatan dari animasi progress splash screen di layar.


splash_start(paint):-

draw_bitmap(0,0,G_dbkai,_,_).

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan posisi frame window dan gambar yang muncul pada saat splash screen.


fungsi_timer(end):-

text_out(25,400,print("Loading : ")),

text_out(25+G_batas,420,print(" ")),

%draw_bitmap(30+(G_batas*2),150,G_bidak,_,_),

G_batas := G_batas + 6,

(G_batas >= 505,close_window(_), window(G_pertama,_,win_func2(_), "Menu", 400,100,600,525)).

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan progress bar pada splash screen dan proses perpindahan layar dari splash screen ke menu utama.


%------------Deklarasi Window--------------------------------------%

window(G_pertama,_,win_func2(_), "Gogeta : Rival", 400,100,600,525).

win_func2(paint):-

draw_bitmap(0,0,G_songokuvsvegeta,_,_),

fail.

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan ukuran dan posisi frame window, serta gambar yang muncul pada saat masuk ke menu utama.


%=============Inisiasi tombol Window Menu=========%

win_func2(init):-

button(_,_,win_how(_),"Start Game",260,200,100,30),

button(_,_,win_cara(_),"How to Play",260,250,100,30),

button(_,_,win_about(_),"About",260,300,100,30),

button(_,_,win_exit(_),"Exit",260,350,100,30).

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan tombol yang ada pada menu utama ini. Terdapat 4 buah tombol, yaitu Start Game untuk memulai permainan, How to Play untuk tutorial game, About untuk keterangan game, dan Exit untuk keluar dari permainan.


%------------How to Play-------------------------%

win_cara(press):-

beep(G_song2),

shell_execute("howtoplay.html").

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan tombol How to Play pada menu utama yang pada saat diklik, kita akan diarahkan ke halaman web berupa tutorial atau cara untuk memainkan permainan Gogeta : Rival ini.


%-------------About--------------------------%

win_about(press):-

beep(G_song2),

shell_execute("aboutgame.html").

fail.

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan tombol About pada menu utama yang pada saat diklik, kita akan diarahkan ke halaman web berupa keterangan game pada permainan Gogeta : Rival ini.


%----------------------Exit----------------%

win_exit(press):-

beep(G_song2),

close_window(G_pertama),

fail.

Penjelasan : Listing kode program pada bagian ini adalah menjelaskan tombol Exit pada menu utama yang pada saat diklik, kita akan keluar dari jendela permainan.

Output





Untuk Manual Book Game Gogeta:Rival (Game Row) ada di halaman ini : Klik

You May Also Like

0 comments