Tugas 5 : Rencana Bisnis TIK - Rencana Pembuatan Usaha Percetakan Digital Printing

by - Januari 06, 2016

A. Pendahuluan

Di dalam era modern yang mengarah kepada teknologi komunikasi ini sangat sulit untuk mencari lapangan kerja yang kiranya dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Peluang usaha yang semakin sempit juga merupakan salah satu faktor penyebab begitu banyaknya pengangguran. Oleh karena itu, guna mengurangi tingkat pengangguran yang semakin meningkat dari tahun ke tahun dan dengan membidik kesempatan dan peluang kerja, maka tepat kiranya membuka sebuah usaha kecil dan menengah. Adapun yang saya rencanakan adalah usaha “Percetakan Digital (Digital Printing)”.

B. Rencana Bisnis

Dengan melihat situasi sekarang ini usaha yang saya buat sangat berpengaruh terhadap cara berkomunikasi modern saat ini yang sering menggunakan media digital sebagai alat penyampaiannya. Sibuknya masyarakat terhadap pekerjaannya mengakibatkan kurangnya komunikasi langsung terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga informasi yang bersifat umum jarang mereka terima.

Solusinya media komunikasi dalam bentuk percetakan digital yang biasa berukuran sangat besar ditempatkan pada tempat-tempat umum agar dapat dibaca oleh khalayak ramai. Tentunya usaha ini sangat membantu mereka yang menginginkan informasi seputar kegiatan-kegiatan suatu instansi.

C. Strategi Bisnis

Untuk menjalankan usaha percetakan ini tidaklah susah, jika modal awal yang sudah dirinci tersebut telah terkumpul, maka bersiaplah membuka usaha ini. Manajemennya pun sangatlah mudah dengan peralatan mesin cetak yang telah terisi tinta,serta bahan kertas background dan pegawai yang mengoperasikan alat-alat tersebut, maka usaha ini akan berjalan.

Untuk menarik para konsumen jasa ini saya akan menyebarkan brosur-brosur yang sangat menarik dengan penuh warna agar terlihat mewah dan elegan dimata pembacanya serta memasang plakat-plakat di tepi jalan-jalan besar yang sering dilewati oleh pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor.

D. Rencana Anggaran


Jadi, modal awal untuk membangun usaha percetakan digital (digital printing) ini adalah sebesar

Rp 373.500.000,00

Komentar : 

Menurut saya, bisnis percetakan digital masih memiliki kekurangan, yaitu tenaga ahli profesional yang mampu bekerja pada bisnis ini, administrasi, dan terutama modal. Peluang bisnis TIK tersebut terbilang cukup menjanjikan, karena kebutuhan digital printing yang saat ini sangat banyak untuk berbagai kepentingan.

Rencana bisnis yang berfokus pada digital printing ini diharapkan mampu menyediakan kebutuhan bagi orang yang ingin melakukan digital printing yang saat ini masih sedikit keberadaannya.

You May Also Like

0 comments